Sudah Bayar Ditagih Lagi

SAYA warga Jalan HKSN, Kompleks Sungai Andai, Kota Banjarmasin. Kita merasa bingung kenapa masih

Sudah Bayar Ditagih Lagi
net

METROBANJAR.co - SAYA warga Jalan HKSN, Kompleks Sungai Andai, Kota Banjarmasin. Kita merasa bingung kenapa masih menerima tagihan PBB, padahal 2010 dan 2011 terakhir sudah lunas. Mohon penjelasan dari Kantor Dinas Pendapatan Daerah (dispenda) Kota Banjarmasin. Apa tidak ada administrasi yang baik di kantor dispenda tersebut. Rasanya jengkel, sudah bayar koq ditagih lagi.

Pengirim: 087814548xxx

TANGGAPAN:
TERIMA kasih informasinya. Database wajib pajak PBB di Kota Banjarmasin yang dimiliki Dispenda saat ini adalah pelimpahan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) pada 2013 akhir. Dispenda Kota Banjarmasin mengelola secara mandiri PBB ini pada 1 Januari 2013.

Nah, data dari KPP ini yang banyak membingungkan. Ada 1.300 wajib pajak sudah bayar PBB, namun tidak masuk database. Dari data 1.300 wajib pajak yang sudah bayar PBB dan tidak masuk databese ini akan menjadi piutang yang harus dibayar wajib pajak dan besarnya hingga Rp 1 miliar.

Pada 2013 itu juga, Dispenda telah selesai mengubdate atau memperbaharui data piutang tersebut. Dari hari ke hari, banyak sekali warga melapor telah membayar PBB, koq masih ditagih lagi.

Mereka melapor, yaa kita respon dan kita hapus piutangnya. Tahun depan tentu sudah berubah. Syarat melapor ke Dispenda, cukup membawa Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang dan STTS. Dengan membayar dua kelengkapan itu, maka wajib pajak akan dihapuskan piutangnya.

Jika ada warga yang melapor dan belum bisa direpon, Dispenda mohon maaf, baru akan bisa menghapus piutang PBB warga yang sudah lunas membayar jika membawa dua bukti, yakni STTS dan SPPT PBB. Itu saja.

Pada 2014 ini Dinas Pendapatan Daerah terus membuka pengaduan dari wajib pajak yang sudah merasa membayar PBB namun masih ditagih. Dispenda menunggu hingga akhir tahun ini. Jika pada 2015 masih ada pengaduan, tentu akan tetap diterima.

Endri
Kabid Kabid PBB dan BPHTB
Dinas Pendapatan Daerah Kota Banjarmasin

Editor: BPost Online
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved