Sound System Banyak Rusak

Kita lihat banyak sekali, langgar, surau dan masjid yang bermasalah di sound system. Kita akan bantu memperbaiki

Sound System Banyak Rusak
Bimaislam

METROBANJAR.co - BAGI masjid atau langgar di Kalsel, yang mempunyai kendala dana untuk memperbaiki sound system dari tempat ibadah tersebut, bisa mengajukan perbaikan ke PT Perusahaan Listrik Negara Persero Area Banjarmasin.

“Kita lihat banyak sekali, langgar, surau dan masjid yang bermasalah di sound system. Kita akan bantu memperbaiki secara gratis,” ucap A Noordin, Humas PT PLN Area Banjamasin, Jumat (18/4).

Menurut A Nordin, pelayanan ini adalah wujud kepedulian PLN Area terhadap keberadaan tempat ibadah di Banjarbaru, Banjarmasin, Marabahan dan Kota Pelaihari. Diharapkan, dengan sound system yang baik, akan menunjang kelancaran aktivitas beribadah umat.

Bagaimana cara mengajukan perbaikan sound sytem musala, langgar atau tempat ibadah? Menurut Nordin, caranya mudah sekali. Pengurus langgar atau masjid membawa surat permohonan perbaikan sound system ke PT PLN Ranting Banjarmasin yang diketahui mininal
oleh ketua RT. “Pasti kita respons dengan cepat,” janjinya.

Dia menambahkan, begitu surat masuk ke PLN, sehari kemudian petugas teknisi dari PLN segera menyurvei ke langgar atau masjid yang dimaksud. Teknisi akan melihat tingkat kerusakan dan menghitung tambahan alat agar sound system di tempat ibadah tersebut bisa berfungsi kembali.

“Biaya maksimal pembelian alat sound system Rp 1 juta untuk setiap langgar atau masjid,” ucap Nordin. Tahap selanjutnya, teknisi akan memperbaiki sound system yang rusak dan membeli tambahan peralatan pengeras suara untuk masjid atau langgar tersebut. Nah, diharapkan pengurus masjid wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Marabahan dan Batola untuk bisa memanfaatkan fasilitas pelayanan ini.

Dari mana dana perbaikan sound system langgar atau masjid tersebut? Dijelaskan Nordin, selama tujuh tahun terakhir seluruh karyawan PT PLN Persero di Indonesia, termasuk PT PLN Area Banjarmasin, gajinya dipotong 2,5 persen untuk dikumpulkan menjadi dana Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah (LAZIS).

“Untuk di PT PLN Area Banjarmasin sendiri terkumpul sekitar Rp 250 juta setiap tahun,” jelas dia.

Untuk zakat, lanjut, peruntukkan seperti sumbangan atau bantuan untuk pesantren yang
secara fisik memprihatinkan. Kemudian, guru-guru pesantren di kawasan pinggiran juga menjadi perhatian LAZIS PT PLN Area Banjarmasin.

“Kita juga membidik fakir miskin, tetangga PLN yang miskin dan keluarga PLN yang mungkin kehidupan ekonominya perlu dibantu,” papar Nordin. (ogi)

Pengajuan Perbaikan Sound System ke PLN

- Pengurus masjid membawa surat permohonan yang diketahui minimal ketua RT
- Surat diterima LAZIS PT PLN Area Banjarmasin
- Satu hari setelah surat permohonan, teknisi dari LAZIS PT PLN akan melakukan survei ke lapangan
- Teknisi LAZIS akan mengecek kerusakan sound system dan memperhitungkan biaya pembelian alat tambahan
- Pembelian alat tambahan sound system masjid maksimal Rp 1 juta
- Teknisi melakukan perbaikan dan pembelian alat tambahan

Sumber: LAZIS PT PLN Area Banjarmasin

Editor: BPost Online
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved