MetroBanjar/

Polisi Bekuk Pemalsu Buku Nikah Berkedok Guru Mengaji

ksi pemalsuan dokumen tidak hanya menyasar ijazah semata. Buktinya, buku nikah, akta cerai,

Polisi Bekuk Pemalsu Buku Nikah Berkedok Guru Mengaji
junianto hamonangan
Polres Jakarta Timur menangkap N (67), pelaku pemalsuan buku nikah. Pelaku sudah menjalankan aksinya sejak bulan Maret 2013 silam. 

METROBANJAR.CO, JAKARTA - Aksi pemalsuan dokumen tidak hanya menyasar ijazah semata. Buktinya, buku nikah, akta cerai, hingga salinan putusan cerai juga ikut dipalsukan.

Adalah N (67), seorang guru mengaji yang menjadi pelaku pemalsuan dokumen di atas.

Penangkapan bermula dari laporan masyarakat akan adanya kegiatan pembuatan buku nikah palsu. Aparat yang mendapati laporan tersebut, langsung mendatangi lokasi yang dimaksud, di Jl Komarudin Kampung Sawah, Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (28/5). Hasilnya sejumlah buku nikah, dan dokumen lainnya berhasil ditemukan.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Umar Faroq menjelaskan diduga pelaku menjalankan aksinya tidak sendirian. "Sekarang sedang dikembangkan karena pelaku pasti bekerja tidak sendirian. Mudah-mudahan ada bukti lain yang bisa ditemukan," katanya, Jumat (29/5).

Umar menjelaskan pelaku memperoleh buku nikah dari seseorang berinisial R dengan membelinya seharga Rp 75 ribu per buku. Sedangkan blanko cerai dan salinan putusan cerai didapat dari seseorang yang berinisial G seharga Rp 125 ribu per rim.

"Kita akan konfirm ke Kementerian Agama, apakah hanya data-datanya saja yang dipalsukan atau buku-buku ini memang palsu adanya," katanya.

Editor: Edinayanti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help