Mimpi Buruk Brasil Empat Tahun Lalu Terjadi Lagi

Paraguay melaju ke semifinal Copa America untuk bertemu Argentina setelah menyudahi perlawanan tim unggulan Brasil

Mimpi Buruk Brasil Empat Tahun Lalu Terjadi Lagi
AFP
Derlis Gonzalez, pahlawan Paraguay. 

METROBANJAR.CO - Paraguay melaju ke semifinal Copa America untuk bertemu Argentina setelah menyudahi perlawanan tim unggulan Brasil, 5-4 lewat adu penalti setelah lagaberlangsung sama kuat 1-1 selama 90 menit di Estadio Municipal de Concepcion, Minggu (28/6) WIB.

Kedua tim bertemu di babak sama Copa America 2011 dan ketika itu Paraguay juga mengalahkan Brasil lewat adu penalti setelah bermain 0-0 selama 90 menit.

Kali ini, Brasil memimpin lebih dulu lewat gol ke-28 di caps ke-99 Robinho. Ia memanfaatkan umpan silang datar Dani Alves yang disontek tipis oleh Roberto Firmino untuk menjebol gawang Justo Villar dari jarak dekat (15'). Namun, Tim Samba tak bisa berkembang.

Indikasi permainan pasukan Carlos Dunga mandek sudah terpampang sepanjang babak pertama. Tembakan Robinho tersebut adalah satu-satunya sentuhan bola dari pemain Brasil di kotak penalti lawan pada babak pertama. Sebaliknya, Paraguay 10 kali menyentuh bola di area terlarang Brasil.

Tak heran apabila Paraguay mengambil alih kendali laga pada babak kedua. Jefferson harus melakukan dua penyelamatan bagus selama 15 menit pertama babak kedua.

Pada satu jam laga, Dunga menarik Willian dan memasukkan Douglas Costa untuk menyegarkan lini depan. Sepuluh menit kemudian ia mengubah lini depan lagi, dengan memasukkan Diego Tardelli untuk Roberto Firmino.

Akan tetapi, hanya satu menit setelah pergantian tersebut, tepatnya pada menit ke-70, Thiago Silva melakukan kesalahan fatal saat tangannya mengenai bola kala ia berusaha menyundul umpan silang lawan.

Derlis Gonzalez pun tanpa ampun menyelesaikan peluang dari titik putih (72').

Setelah itu, pemenang empat dari enam edisi Copa America terakhir ini berada di bawah tekanan intens Roque Santa Cruz cs walau kedua tim gagal mencetak gol hingga 90 menit berakhir.

Alhasil, seperti 2011, drama adu penalti pun terulang. Empat tahun lalu, keempat penendang Brasil semuanya gagal mencatatkan penalti mereka: Elano, Thiago Silva, Andre Santos, dan Fred.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved