MU Mau Lepas Van Persie karena Performanya yang Terus Menurun

Kabar rencana Manchester United menjual Robin van Persie sepertinya bukan tanpa alasan. Statistik menunjukkan performa penyerang asal Belanda

MU Mau Lepas Van Persie karena Performanya yang Terus Menurun
net
Robin van Persie 

METROBANJAR.CO – Kabar rencana Manchester United menjual Robin van Persie sepertinya bukan tanpa alasan. Statistik menunjukkan performa penyerang asal Belanda itu terus menurun.

Musim debut Robin van Persie bersama The Red Devils pada 2012/13 merupakan yang terbaik dari tiga musim yang telah dia jalani. Seperti dilansir oleh Squawka, Senin (6/7/2015), pada musim tersebut RvP rata-rata mencetak 0,68 gol per pertandingan.

Pada musim keduanya, rataan itu menurun menjadi 0,57 gol per pertandingan. Rataan tersebut semakin menurun pada musim 2014/15, menjadi 0,37 gol per pertandingan.

Dalam hal menciptakan peluang, RvP rata-rata menghadirkan 1,87 peluang per pertandingan. Pada musim kedua, RvP hanya menciptakan 0,81 peluang per pertandingan. Pada era kepelatihan Louis van Gaal, rataan peluang RvP membaik menjadi 0,96 peluang per pertandingan.

Dalam hal kesuksesan melewati pemain lawan, musim 2012/13 merupakan titik terbaik eks kapten Arsenal tersebut. Pada musim itu RvP mampu melewati 62,50 persen hadangan lawan. Kemampuan RvP dalam melewati lawan terus menurun pada musim kedua dan ketiganya. Berturut-turut kemampuan melewati lawan RvP hanya 51,72 persen dan 50 persen.

Apa yang menyebabkan ini terjadi? Greg Johnson dalam artikelnya di Squawka menulis penyebab kemunduran RvP adalah pengunduran diri Sir Alex Ferguson. Musim 2012/13 adalah musim pertama sekaligus terakhir RvP diasuh oleh Sir Alex Ferguson. Pada musim 2013/14 dia diasuh oleh David Moyes dan Ryan Giggs. Musim lalu RvP dilatih oleh Louis van Gaal yang sebelumnya bekerjasama dengan dia di tim nasional Belanda.

Pada November 2014 lalu, RvP pernah mengaku kepada surat kabar Belanda, De Volksrankt, bahwa Sir Alex adalah alasannya meninggalkan Arsenal dan bergabung dengan Manchester United.

“Waktu itu dia bilang akan bertahan untuk tiga tahun lagi. Saya benar-benar menyukai pendekatannya,” ungkap RvP ketika itu seperti dikutip oleh Manchester Evening News.

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved