250 Kios di Pasar Besar Palangkaraya Terbakar

Ratusan pedagang di Pasar Besar, di Jalan Sumatera Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut Palangkaraya, Kalimantan Tengah, untuk sementara tidak bisa

250 Kios di Pasar Besar Palangkaraya Terbakar
BANJARMASINPOST GROUP/FATURAHMAN
TERBAKAR - Sebanyak 250 unit kios di Pasar Besar Palangkaraya hanya tinggal puing. Si jago merah melumatnya Selasa (16/8) sekitar pukul 04.15 WIB. 

METROBANJAR.CO, PALANGKARAYA - Ratusan pedagang di Pasar Besar, di Jalan Sumatera Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut Palangkaraya, Kalimantan Tengah, untuk sementara tidak bisa berjualan.

Selasa (16/8/2016) sekitar pukul 04.15 WIB, kios mereka dilumat si jago merah.

Informasi didapat, jumlah kios yang terbakar sekitar 250 unit. Tiga di antaranya milik Nurdin, pedagang pot bunga dan bahan plastik.

“Saya memiliki tiga kios. Semua terbakar,” ujarnya.

Nurdin mengatakan jarak rumah dengan kios sekitar lima kilometer.

“Saat dapat informasi kejadian kebakaran, saya ingin menyelamatkan barang dagangan yang ada di kios. Karena rumah saya jauh dari kios, saat sampai di pasar kios sudah hangus terbakar," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Pedagang Pasar Besar Palangkaraya, H Hamidan, mengatakan, berdasarkan data dan informasi yang dihimpun dari pedagang, jumlah bangunan dan kios yang terbakar mencapai 250 unit.

“Rata-rata korban kebakaran tidak sempat mengeluarkan barang daganganya, karena antara rumah dan kios terlalu jauh,” ujarnya.

Menurut Hamidan, pihaknya sudah berupaya mencegah kebakaran dengan memperketat pengamanan di pasar.

“Kejadian ini sudah ditangani polisi dan saya berupaya meminta bantuan kepada Wali Kota dan Gubernur untuk bisa membersihkan puing-puing bekas kebakaran sehingga kembali memikirkan bersama pemilik lahan untuk membangun kios di lokasi yang terbakar," ujarnya.

Untuk mengungkap kasus kebakaran ini, Polsek Pahandut Palangkaraya sudah memanggil lima orang, di antaranya tiga orang penjaga pasar.

"Kami juga akan meminta bantuan Puslabfor Mabes Polri untuk memeriksa penyebab kebakaran tersebut. Besok petugas Puslabfor dari Surabaya akan datang ke Palangkaraya untuk memeriksa TKP Kebakaran," ujarnya. (tur)

Editor: Muhammad Yamani
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help