Sella Rahmi Ramaikan Art Week di Malang

Dalam acara tersebut, sanggar yang dipimpin Arif Budiman SSos atau Budi Bakhtiar Sanderta ini akan menampilkan musik tradisional Kolaborasi dan tari.

Sella Rahmi Ramaikan Art Week di Malang
Istimewa
Sella Rahmi 

METROBANJAR.CO - Sanggar Seni Nuansa bersama Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan Kota Banjarmasin akan tampil di acara Art Week Performance Taman Krida Budaya, Kota Malang, Jatim, 1-3 September 2016.

Dalam acara tersebut, sanggar yang dipimpin Arif Budiman SSos atau Budi Bakhtiar Sanderta ini akan menampilkan musik tradisional Kolaborasi dan Tari Limpuar.

Seorang penari Sanggar Seni Nuansa, Sella Rahmi, mengatakan dia bersama-sama temannya hampir 100 persen siap membawakan tari Limpuar tersebut.

"Tinggal menyiapkan mental dan kesehatan saja lagi,” kata Sella, Selasa (30/8).

Sella mengatakan, tarian Limpuar tersebut mengantarkan mereka meraih juara pertama di Festival Tari Pedalaman, di Kandangan, HSS.

“Saat tampil nanti tidak mengalami kesulitan. Lagian tarian tersebut sering di tampilkan di kegiatan-kegiatan besar,” ujarnya.

Terpisah, Komposer Sanggar Seni Nuansa Banjarmasin, M Mahfuz Sya'bani SPd mengatakan, Tari Limpuar ini telah ditampilkan empat kali.

"Tari itu pernah tampil di Salanjung Rezeki Bank Kalsel, Balai Kota Banjarmasin, Festival Budaya Sa-ijaan Kabupaten Kotabaru tahun 2016 di siring Laut Kotabaru dan Festival Tari Kreasi Pedalaman se Kalimantan Selatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan," ujarnya.

Tari Limpuar ini menceritakan tari pedalaman. "Kegiatan orang di pedalaman yang menggambarkan masyarakat suku pedalaman meletakkan hasil banih/padi di dalam lanjung," ujar Bani.

Dia menambahkan, Tari Limpuar pernah menjuarai di festival tari pedalaman se Kalimantan Selatan dengan hasil penampil/penyaji terbaik, penata tari terbaik dan penata musik terbaik.

Untuk musik tradisional kolaborasi yang dibawakan nanti, lanjut Bani, jenis-jenis komposisi musik dan lagu-lagu Banjar.

"Insya Allah urutan tampilnya musik opening atau paduan gamelan Banjar dan musik panting. Lagu Kasih Putus di Luhuk Badangsanak, Ampar-ampar Pisang dan Paris Barantai ciptaan H Anang Ardiansyah," jelasnya.

Ada pun yang bakal ditampilkan di acara tersebut, kata guru 7 Banjarmasin, untuk penata tari/koreografer yakni Dini Maulidya S.Pd (Dea Sanderta), komposer M Mahfuz Sya'bani SPd, penari Wardi, Jamal, Septa, Nadia, Saly, Anis, Sella dan Vela.

Pemusiknya terdiri atas Rezky (vokal), Banie, Fitra, Rafi, Awan, Vikrom, Azay,Aldi, Rasyid, Rama. Kostum Nuansa Collection Kayutangi 2 Banjarmasin dan desainer Sri Wardani. (ful)

Editor: Muhammad Yamani
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved