MetroBanjar/

Jelang Momen Libur Natal dan Tahun Baru, Bandara Dirikan Posko Pengamanan

Terhitung sejak Minggu (18/12) hingga Minggu (8/1). Hal ini bertujuan guna mengantisipasi menghadapi lonjakan penumpang.

Jelang Momen Libur Natal dan Tahun Baru, Bandara Dirikan Posko Pengamanan
BANJARMASIN POST GROUP/ABDUL GHANI
Seorang pekerja mendorong gerobak bermuatan pasir di depan ruang keberangkatan penumpang pesawat, sehubungan pengerjaan merenovasi papan nama Bandara Syamsudin Noor, Minggu (18/12). 

METROBANJAR.CO, BANJARBARU - Jelang liburan Natal dan Tahun Baru, biasanya diwarnai lonjakan penumpang. Mengantipasinya, jasa pelayanan transportasi mulai berbenah diri.

Seperti yang dilakukan PT Angkasa Pura 1 Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, mulai melaksanakan apel bersama, Minggu (18/12). Melibatkan personel Pangkala TNI AU Sjamsudin Noor, Polres Banjarbaru, Airnav Indonesia, BMKG, Basarnas, hingga beberapa maskapai penerbangan. Dalam kegiatan tersebut juga diselenggarakan Posko Terpadu yang berlokasi di area terminal keberangkatan.

General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan, mengatakan, adapun monitoring lalu lintas angkutan udara jelang, saat dan setelah libur Natal serta Tahun Baru dilaksanakan selama 22 hari.

Terhitung sejak Minggu (18/12) hingga Minggu (8/1). Hal ini bertujuan guna mengantisipasi menghadapi lonjakan penumpang.

"Kami siap melayani masyarakat. Selain itu lewat tersedianya posko angkutan terpadu tentunya akan menjamin kelancaran dan keamanan," ujarnya.

Lebih lanjut, Handy juga mengatakan, angkutan penumpang penerbangan mulai Januari hingga Oktober 2016 mengalami peningkatan lima persen. Meskipun, kondisi tersebut justru tidak berhubungan dengan kondisi perekonomian Kalsel yang sebetulnya dalam keadaan kurang baik.

Namun ia beserta jajarannya tetap menyatakan kesiapan dan selalu berkordinasi dengan jajaran Posko Terpadu guna mengantisipasi kondisi nantinya.

"Bandara Syamsudin Noor terbuka terhadap media atau instansi manapun yang ingin berkoordinasi terkait kondisi penerbangan, baik melalui kunjungan langsung atau dapat juga menghubungi call center Posko Bandara Syamsudin Noor di nomor 0511-6747022," paparnya.

Disebutkannya lagi, kini pihaknya juga sudah melakukan penambahan tiga rute penerbangan.

Terhitung sejak November hingga Desember, tiga rute tersebut meliputi Maskapai Garuda Indonesia GA 529 tujuan Jakarta, Kalstar KD 661 tujuan Makassar, dan Wings Air IW 13I2 tujuan Batulicin.

"Tiga maskapai itu sudah mengoperasikan rute barunya. Dalam waktu dekat, Maskapai Batik Air juga akan beroperasi perdana dari Bandara Syamsudin Noor ke Jakarta mulai 23 Desember 2016," tutup Handy.

Ditambahkan Kepala Seksi Operasi TNI AU Syamsudin Noor, Kapten Rudy, situasi dan kondisi angkutan yang aman bukan berarti tidak terjadi apa-apa. Guna mengantisipasi gangguan keamanan, pihaknya juga meningkat kewaspadaan lewat kordinasi sesuai tanggung jawab jajaran masing-masing.

"Dari TNI AU, selain melakukan pengamanan di Posko, kami juga siaga di area TNI AU karena fungsi informasi dan kesiapsiagaan sangat vital bagi kelancaran posko, " tegasnya. (Abdul Ghani)

Editor: BPost Online
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help