Andrie Ochtman Mau Pingsan Dikabari MH17 Kecelakaan

Andrie Ochtman tak menyangka keputusannya untuk berganti pesawat dalam perjalanan ke Jakarta dari Amsterdam akan membawa pengaruh besar

Andrie Ochtman Mau Pingsan Dikabari MH17 Kecelakaan
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Andrie Ochtman 

METROBANJAR.CO - Andrie Ochtman tak menyangka keputusannya untuk berganti pesawat dalam perjalanan ke Jakarta dari Amsterdam akan membawa pengaruh besar dalam hidupnya. Pebulu tangkis Belanda berdarah Indonesia tersebut terhindar dari musibah Malaysia Airlines MH17 yang jatuh karena ditembak di Ukraina, Kamis (17/7/2014).

Ochtman sudah merencanakan penerbangan ke Indonesia untuk berlatih dan ikut turnamen dalam Astec International Challenge 2014 (12-16 Agustus), Kamis (17/7/2014). Namun, sesampainya di Bandara Schipol, Amsterdam, Belanda, dia mengubah rencana penerbangannya.

Pihak bandara menawarkan untuk berganti pesawat menggunakan KLM Royal Dutch Airlines karena pesawat MH17 terlalu penuh. Jika bersedia, Ochtman akan mendapat kompensasi sebesar 600 euro (sekitar Rp 9,4 juta). Namun, dia harus menunggu sekitar dua jam di Schipol, dan kira-kira lima jam saat transit di Dubai. Dari Dubai ke Jakarta, Ochtman naik Emirates Airlines.

Setelah berdiskusi dengan keluarga, Ochtman pun memutuskan untuk ganti pesawat. Jadwal kedatangan di Jakarta pun mundur cukup jauh. Jika tetap naik MH17, dia seharusnya tiba di Jakarta pada Jumat pagi. Karena berganti pesawat, dia baru tiba sore hari.

"Pihak bandara mencari 16 volunteer untuk pindah penerbangan karena penuh. Sebenarnya saya sudah ada janji bertemu dengan teman di Indonesia setelah sampai (Jumat pagi). Namun, akhirnya saya memutuskan untuk ganti pesawat . Saya whatsApp teman saya dan mengubah waktu janjian," tutur Ochtman.

Ochtman baru mengetahui berita jatuhnya MH17 saat tiba di Dubai. Dia menerima pesan dari kakaknya bahwa pesawat yang seharusnya dia naiki mengalami kecelakaan. Ochtman mengaku ingin pingsan saat mendengar berita tersebut. "Saya sangat bersyukur kepada Tuhan karena masih diberi kesempatan untuk hidup," ucap Ochtman.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved