Inilah 20 Lagu yang Paling Mudah Diingat Dalam 70 Tahun Terakhir

Para ilmuan telah melakukan riset pada lebih dari 1.000 lagu yang pernah dibuat sejak tahun 1940an.

Editor: Edinayanti
intisari online
ilustrasi 

 METROBANJAR.COM  - Para ilmuan telah melakukan riset pada lebih dari 1.000 lagu yang pernah dibuat sejak tahun 1940an. Hasilnya? Mereka mendapatkan daftar 20 lagu yang paling mudah diingat dalam 70 tahun terakhir.

Penelitian yang dilakukan oleh Museum of Science and Industry (MOSI) ini dilakukan selama satu tahun. Untuk mendapatkan hasil tersebut, para ilmuan asal Manchester ini membuat website khusus bernama ‘Hooked on Music’.

Dalam website tersebut seseorang harus bisa menduga lagu yang sedang diperdengarkan. Selama satu tahun ‘Hooked on Music’ berhasil mengumpulkan data dari 12.000 orang. Peringkat pertama ternyata jatuh pada lagu grup musik perempuan yang sekarang sudah bubar.

Lagu jawara dalam daftar 20 lagu yang paling mudah diingat dalam 70 tahun terakhir tersebut adalah Wannabe milik Spice Girls. Rata-rata orang hanya membutuhkan waktu 2,48 detik untuk mengenali lagu tersebut.

 Para peneliti sekarang sedang mencari tahu elemen apa yang membuat sebuah lagu mudah diingat. Hal ini masih menjadi misteri karena terkadang ada lagu yang didengar sesekali namun mudah sekali diingat. Ada juga lagu yang sudah berkali-kali didengar namun sulit terekam dalam memori.

Ilmuan sebenarnya berharap mereka bisa mengerahui rahasia bahagaimana memori musikal bekerja. Pemahaman tersebut diharapkan bisa membantu orang dengan penyakit demensia. Meski begitu penelitian  ini sekarang belum bisa menjawab pertanyaan besar tersebut.

Berikut daftar lengkap 20 lagu yang paling mudah diingat dalam 70 tahun terakhir beserta detik yang dibutuhkan seseorang untuk mengingatnya bagi Anda yang sudah penasaran (CNET).

Spice Girls - Wannabe: 2,29 detik

Lou Bega - Mambo No 5: 2,48 detik

Survivor - Eye of the Tiger: 2,62 detik

Lady Gaga - Just Dance: 2,66 detik

ABBA - SOS: 2,73 detik

Roy Orbison - Pretty Woman: 2,73 detik

Michael Jackson - Beat It: 2,80 detik

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved