Tim Futsal Prapon Harus Serba Bisa

Pasalnya, di tim yang dibesut Edy Susanto itu, dirinya sering diletakkan sebagai pemain penyerang dan terkadang bertahan

Tim Futsal Prapon Harus Serba Bisa
Ist
Jumadil 

METRO BANJAR.COM - PENGGAWA tim futsal Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) Kalsel, Muhammad Jumadil Muzaik merupakan salah satu pemain yang serba bisa.

Pasalnya, di tim yang dibesut Edy Susanto itu, dirinya sering diletakkan sebagai pemain penyerang dan terkadang bertahan. "Ketika bermain terkadang diposisikan sebagai penyerang dan terkadang sebagai bertahan, jadi harus serba bisa," ujarnya, Minggu (4/1).

Lelaki yang akrab dipanggil Jumadil ini mengatakan, sebelum bergelut di dunia futsal dirinya merupakan pemain sepak bola. "Sebelum bermain futsal saya bermain di tim Paseban Banjarmasin dan Martapura FC U-21," kata Jumadil.

Jumadil menceritakan, awal dirinya terjun penuh sebagai pemain futsal karena coba-coba mengikuti seleksi tim pra-PON. "Awalnya hanya coba-coba karena futsal merupakan hal yang baru, setelah mengikuti seleksi pra-PON yang berlangsung beberapa hari ternyata masuk tim," kata dia.

Menurut Jumadil, dalam permainan futsal memerlukan kematangan skill dan juga fisik. "Meski lapangannya relatif kecil namun pemain di lapangan harus terus bergerak dan berlari untuk menciptakan gol maupun mempertahankan gawang agar tidak kemasukan," kata dia.

Anak bungsu dari enam saudara ini menambahkan, dalam bermain futsal gerakan yang dimiliki pun harus lincah karena setiap detik bergerak sudah ada lawan yang akan menghadang.

Dibandingkan sepak bola, menurut Jumadil bermain futsal lebih sulit karena banyak bergerak di lapangan. "Setelah berbalik badan pun bisa sudah ada lawan yang mengadang," tuturnya.

Saat ini, Jumadil mengaku hanya fokus di tim pra-PON dan sementara tidak melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah setelah lulus dari SMAN 4 Banjarmasin. "Sekarang hanya fokus di tim pra- PON, mudah-mudahan tahun depan bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," ucapnya.

Dia berharap, dengan latihan terus menerus nantinya dia dapat turut andil dalam meloloskan tim futsal pra-PON Kalsel ke ajang PON Jawa Barat 2016.

Editor: Halmien
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved